Home » Biografi » Kisah Band Green Day

Kisah Band Green Day

Kisah Band Green Day

Kisah Band Green Day – Green Day adalah grup band asal California, Amerika Serikat memang sudah aktif dalam dunia musik sejak terbentuknya di tahun 80-an. Green Day meraih sukses lewat album Dookie pada tahun 1994, dan semakin melambungkan namanya pada awal tahun 2000-an. Mengusung genre punk rock, pop punk, dan alternative rock, band yang dibentuk oleh trio Billie Joe Armstrong (penyanyi utama, gitaris), Mike Dirnt (basis, penyanyi pendukung), dan Tre Cool (pemain drum, penyanyi pendukung) ini, sukses merebut hati para penikmat musik dari berbagai belahan dunia.

Lahir pada 1987 silam di California, band yang beranggotakan Billie Joe Armstrong (Vokal, Gitar), Jason White (gitar II), Mike Dirnt (Bass), dan Tre Cool (Drum) tersebut sekarang menjelma menjadi salah satu band punk terbesar dengan jutaan fans serta belasan album yang hampir kesemuanya sukses secara komersil https://www.warunkupnormal.com/. Yang menarik, di balik semua kesuksesan serta segala cerita seru soal band ini, ternyata banyak yang belum tahu mengenai asal muasal dari nama Green Day. Apalagi, sebelum pakai nama itu, Billie Joe dan ke-empat temannya juga sempat dikenal melalui nama Sweet Children.

Sesaat sebelum mereka merilis single berjudul “1000 Hours”, “Sweet Children” berganti nama menjadi “Green day” yang mereka dapatkan saat mereka hanya bisa duduk seharian dan menghisap ganja. Lawrence sangat marah mendengar hal ini, tapi itu semua mereka kerjakan untuk slot88 yang terbaik. Dan setahun setelah muncul Green day, album pertama mereka yang bernama 39/Smooth akhirnya rilis. Green day sangat disukai saat itu, dan setelah Mike lulus dari Pinole Valley High School mereka melakukan tur selama 45 hari.

Green day rela tidur di basement orang supaya musiknya didengar, dan menjual kasu dan albumnya untuk bayar makan dan membeli bensin untuk mobil yang mereka pakai untuk tur. Tapi suatu masalah besar datang, John meninggalkan band untuk melanjutkan sekolahnya dan John sama sekali tidak memberi tahu Green day, Billie hanya tahu dari seorang teman, Billie sangat marah dan tidak bilang kepada John bahwa dia sudah digantikan dengan seorang drummer yang diperkenalkan oleh Lawrence yang bernama Frank Edwin Wright the III, yang sekarang lebih dikenal sebagai Tre Cool.

Lagu paling fenomenalnya adalah lagu Wake Me Up When September Ends, lagu ini sempat memunculkan beberapa spekulasi. Ada yang mengatakan bahwa lagu ini dirilis untuk mengenang peristiwa serangan teroris pada 11 September 2001 yang telah membunuh 3000 orang. Namun sebenarnya, lagu ini ditulis oleh Billie Joe untuk mengenang ayahnya yang meninggal karena kanker pada 1 September 1982 saat ia masih berumur 10 tahun. Hal ini tergambar dari liriknya,”Like my father’s come to pass, seven years has gone so fast, wake me up when september ends.”


Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.