Band Rock and Roll Led Zeppelin, Idaman Pecinta Rock 60-an

Led Zeppelin adalah band rock Inggris yang dibentuk di London terhadap tahun 1968. Awalnya bernama The New Yardbirds, mereka terdiri berasal dari vokalis Robert Plant, gitaris Jimmy Page, bassis / kibordis John Paul Jones, dan drummer John Bonham. Dengan nada yang berat dan digerakkan oleh gitar, mereka disebut-sebut sebagai tidak benar satu nenek moyang hard rock dan heavy metal, biarpun model mereka berasal dari beraneka pengaruh, juga blues dan musik folk.

Led Zeppelin sudah dikreditkan secara berarti mempengaruhi sifat industri musik, lebih-lebih dalam pengembangan rock berorientasi album (AOR) dan rock stadium. Banyak kritikus beranggap Led Zeppelin sebagai tidak benar satu kelompok rock paling sukses, inovatif, dan berpengaruh dalam sejarah. Banyak musisi zaman sekarang seperti band arctic monkey mengidolakan Led Zeppelin.

Sejarah Perjalanan Musik Led Zeppelin

Sebagian besar musik Led Zeppelin, lebih-lebih di awal karir mereka, saat Plant biasanya sedia kan liriknya. Komposisi berbasis keyboard Jones sesudah itu menjadi pusat musik mereka, yang menampilkan peningkatan eksperimen. Paruh paling akhir berasal dari karir mereka lihat serangkaian tur pemecahan rekor yang sebabkan kelompok tersebut mendapat reputasi gara-gara benar-benar berlebih dan pesta pora.

Meskipun mereka selalu berhasil secara komersial dan kritis, jadwal tur dan output mereka, juga Presence (1976) dan In Through the Out Door(1979), dibatasi selama akhir 1970-an, dan kelompok tersebut dibubarkan sehabis kematian Bonham akibat asfiksia mengenai alkohol serta kecanduan berjudi yang saat ini lebih banyak tersedia di agen sbobet terhadap 1980.

Dalam dekade-dekade berikutnya, para mantan bagian secara sporadis berkolaborasi dan berpartisipasi dalam reuni satu kali. Yang paling berhasil adalah Ahmet Ertegun Tribute Concert 2007 di London, dengan dengan putra Bonham Jason Bonham terhadap drum.

Led Zeppelin adalah tidak benar satu artis musik terlaris selama jaman ; beraneka sumber memperkirakan rekor penjualan kelompok ini capai 200 hingga 300 juta unit di seluruh dunia. Dengan penjualan bersertifikasi RIAA sebanyak 111,5 juta unit, mereka adalah band terlaris ketiga dan artis terlaris kelima di AS. Mereka capai delapan album nomer satu Inggris berturut-turut dan enam album nomer satu di tangga album Billboard AS dan di Kanada.

Majalah Rolling Stone melukiskan mereka sebagai “band terberat selama masa”, “band terbesar berasal dari Tujuh Puluh”, dan “tidak diragukan lagi tidak benar satu band paling bertahan dalam moment rock”. Mereka dilantik ke dalam Rock plus Roll Hall of Famepada tahun 1995; biografi museum mengenai band tersebut membuktikan bahwa mereka “sama berpengaruh” selama tahun 1970-an layaknya halnya The Beatles terhadap tahun 1960-an.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *